Viral Bayi 7 Bulan Diberi Kopi Sachet Hingga Alami Diare Demi Konten, Dokter Gizi Angkat Suara

forapieceofcake.com – Belum lama ini viral sosok ibu yang terlihat memberikan kopi sachet pada bayinya yang berusia 7 bulan. Video yang pertama kali diunggah akun Tiktok @kayess9 itu menunjukkan bayi yang tampak penasaran dengan kopi sachet.

Parahnya, bukan melarangnya sang ibu malah menyeduh dan memberikan kopi itu kepada anaknya. Dari aksinya itu, membuat sang anak mengalami diare karena meminum kopi sachet tersebut. Hal ini diungkapkan dalam keterangan dalam video kalau bayi itu buang air besar (BAB) sampai 9 kali.

Ilustrasi Bayi [Pexels]

Menurut sang ibu, pemberian kopi itu justru membantu anak yang sebelumnya BAB hingga 10 kali dalam sehari. Alasan lain ibu tersebut memberikan kopi sachet itu karena ada kandungan susu di dalamnya.

“Bayi minum kopi G****** kan ada susunya dari pada dikasih susu F********** katanya nda ada susunya,” tulisnya dialam video yang diunggah beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Bolehkah Suami Berhubungan Intim dengan Istri yang Sedang Hamil? Ini Penjelasan Dr Boyke

Menanggapi hal tersebut, Dokter Gizi, dr. Marya Haryono, M. Gizi, Sp.GK, FINEM mengatakan, perbuatan ibu itu adalah salah. Ia menjelaskan, tidak ada pembenaran memberikan kopi sachet kepada anak di bawah 12 bulan. Bahkan, jika yang diberikan itu mengandung susu. Hal ini karena tidak semua yang mengandung susu dapat diberikan kepada anak.

“Tidak ada pembenaran apapun sih atas hal itu. Ini berarti pentingnya edukasi, jadi jangan sampai yang dikatakan ada komponen susunya itu bisa langsung diberikan,” tegas dr. Marya saat diwawancarai, Rabu (25/1/2023).

Menurut dr. Marya, orang tua seharusnya bisa memberikan makanan yang lebih bermanfaat, apalagi jika usia anak memasuki tahap MPASI. Padahal, orang tua bisa saja memberikan anak itu telur yang jelas kandungannya baik untuk pertumbuhan anak.

 Apakah harus susu gitu? Apakah kalau sudah MPASI harus susu gitu? Kalau pendamping ASI kan makanan, berarti tidak harus susu,” jelas dr. Marya.

 “Bisa beli kopi kenapa enggak bisa beli telur gitu. Anak-anak aja ada batasan usia, tidak sembarang memberikan susu kepada bayi 12 bulan ke bawah” Lamjutnya.

Baca Juga:
Bumil Harus Tahu! Ini Tips Hindari Keguguran dari Dr. Boyke

 Tidak hanya itu, pemberian kopi juga bisa membuat anak menjadi stunting. Pasalnya, pemberian makanan atau minuman yang kurang baik akan memengaruhi pencernaan sang anak. Kondisi itu juga bisa sebabkan penyerapan nutrisi anak terganggu.

 “Kalau dikasih kopi doang bisa saja berdampak stunting, gizi buruk bahkan. Jadi kalau itu berjalan terus menerus pasti ada dampak ya, diare terus, kemudian jadi sakit. Lingkungan cernanya udah enggak bagus berbagai penyerapan nutrisinya juga bisa keganggu,” pungkas dr. Marya. 

Sumber: www.suara.com